Performa Box Office Supranatural Pengabdi Setan

Setelah dua minggu tayang, terbuktilah bahwa Pengabdi Setan bukan sembarang film. Ia adalah sebuah fenomena budaya. Merasuk ke zeitgeist, menjadi mainstream di mana-mana. Ia dipuji sekaligus dicintai. Dipromosikan dari mulut ke mulut (tweet ke tweet atau apalah) dan didukung rame-rame. Yang sudah nonton dengan semangat mengajak temen lain yang kepo tapi masih rada ketakutan. Dan begitu memasuki bioskop, semua larut dalam pengalaman yang seru. Berteriak, memaki, atau sok nyeletuk belagak berani. Sok buka WhatsApp pas adegan seram, seolah ada pesan penting dari Boss.

Pengabdi Setan terseram

Dalam konteks prediksi box office, Pengabdi Setan juga bertransformasi menjadi sebuah anomali. Awalnya sih jelas, memang sudah terdakwa bakal sejuta penonton paling apes. Makanya untuk comping diambil dulu longlist 3 film, sesuai koridor genre supernatural horror: Danur: I Can See Ghosts, Jailangkung, dan The Doll 2. Melihat The Doll 2, maaf, nggak level. Sejutanya masih ngos-ngosan. Jailangkung, pakai slot lebaran. Beda itu pola penontonnya, weekend all week long. Yang paling pas ya Danur, dengan slot tayang normal tanpa dibantu long weekend. Apalagi Danur menyandang titel sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Layak untuk ditantang, hahaha.

Pada tulisan kedua, saya menyoroti 4-day opening weekend (Kamis-Minggu) antara Danur vs Pengabdi Setan. Cukup terkejut karena ternyata tertinggal pace-nya sekitar 20% setelah kumulatif 4 hari. Apakah mungkin karena jatah layar yang biasa-biasa saja?

Di hari-hari berikutnya, mulailah si Ibu menunjukkan perilaku supranatural, hahaha. Bicara box office adalah bicara momentum, dan biasanya bila sudah ketinggalan di awal maka akan berat untuk membalikkan posisi. Namun tidak demikian halnya dengan Ibu. Gap terlebar terjadi di hari ke-6, di mana Pengabdi Setan ada di angka 800 ribuan penonton sementara Danur pada hari tayang yang sama sudah tembus sejuta. Gap-nya adalah 21,24%. Namun sesudah itu, Pengabdi Setan dengan mantap terus merangsek naik. Setelah hari ke-14, gap tinggal 0,42%, praktis tidak ada!

Sempat saya posting di twitter bar chart jumlah penonton harian dan kumulatif selama 12 hari, di sini saya update hingga 14 hari.

PS Harian

PS Kumulatif

Setelah ini, ke mana Pengabdi Setan akan pergi?

Wah, agak repot meramalnya. Kalkulator box office sudah rusak. Lha biasanya namanya second weekend itu pasti drop dari opening weekend, dan itu bukan aib, sudah lazim. Pengabdi Setan malah naik 49%. Saya tak punya data, tapi kemungkinan juga ada efek penambahan layar juga. Meminjam istilah rilis film Hollywood, Pengabdi Setan ini dari awal sudah wide release, tapi second weekend dinaikkan jadi saturated release.

OK, mau finish di manakah Ibu?

Kalo melihat momentum, jelas Pengabdi Setan masih sangat berjaya sekarang. Word of mouth tak tertandingi, dan tampaknya semua bernada positif. Tinggal masalah klasik: berbagi layar. Untuk film Indonesia, hari ini mulai tayang One Fine Day yang juga tampak digadang-gadang punya potensi box office besar di demografi muda. Kalo film bule lumayan ringan lah, lawannya Geostorm besok. Sementara Blade Runner 2049 akan cepat menghilang (waktu saya nonton banyak penonton gak kuat, cabut duluan!). Minggu depan, film Indonesia tidak ada yang cukup high profile rasanya, sedangkan film bule juga Happy Death Day saja. Orang kita gak terlalu demen model ginian. Tembok absolut baru akan dihadapi tanggal 25 Oktober, saat Thor: Ragnarok tayang. Ratusan layar pasti akan dikuasai.

Tapi tidak apa, tampaknya waktunya cukup …….

  • Bila gap +1%, akan finish di 2.736.518 penonton
  • Bila gap +3%, akan finish di 2.818.241 penonton
  • Bila gap +5%, akan finish di 2.872.964 penonton
  • Bila gap +9,65% …… maka akan tembus 3 juta penonton!

Mari kita nantikan babak selanjutnya!

 

14 comments

  1. Ternyata Pengabdi Setan punya star power nya sendiri yaitu si Ibu ! Senang bgt sih teori saya bisa patah karena PS emang lebih pantas pegang titel itu ketimbang Danur.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ulasan yg menarik! Supaya perbandingannya lebih lengkap, mungkin perlu di-mentioned juga selama Danur tayang ada film Fast & Furious 8, The Guys dan Kartini.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Wah mantap artikelnya.. udah lama saya nunggu blog boxoffice nya Indonesia, selama ini saya cuma bisa liat di boxofficemojo sama the-numbers.
    Seneng juga akhirnya film Indonesia yang laris emang film yang bagus.
    Menurut mimin penonton pengabdi setan bisa nembus 3,5juta ga tuh?

    Lanjutin terus ya min blognya.. đŸ˜‚đŸ˜‚

    Disukai oleh 1 orang

  4. Untuk Blade Runner kira kira udah ada gross box offfice Indonesianya belum ya min?
    IMO, Blade Runner 2049 filmnya bagus banget, sayang aja banyak penonton banyak yg ga kuat nonton, tapi emang Box Officenya dimana mana underperforming sih.

    Disukai oleh 1 orang

  5. Maaf kalau agak panjang, ini analisa dan prediksi saya mengenai Pengabdi Setan.

    Sampai dengan Jumat, 13 Okt (hari ke-16), Pengabdi Setan udah ditonton 2.480.347 penonton. Setelah di minggu kedua jumlah penontonnya meningkat setiap harinya dibanding hari yang sama minggu sebelumnya, minggu ini penontonnya mulai berkurang sedikit, karena harus memberikan sebagian layar bioskopnya ke film-film baru, yaitu One Fine Day di hari Kamis, dan Geostorm di hari Jumat kemarin. Tapi jumlah penontonnya di hari Kamis hanya berkurang 15% dari Kamis minggu lalu, dan di hari Jumat hanya berkurang 13,5% dibanding Jumat minggu lalu. Bahkan jumlah penonton ini masih lebih besar daripada hari pertama dan hari kedua penayangnnya.

    Untuk mengalahkan Danur, hanya dibutuhkan 255.810 penonton lagi. Hari Sabtu & Minggu yang lalu, Pengabdi Setan mendapatkan 433.749 penonton untuk 2 hari. Misalkan saja Sabtu & Minggu ini penontonnya berkurang 40% dibanding minggu lalu, maka akan mendapatkan 260.249 penonton, cukup untuk mengalahkan Danur. Sedangkan hari Jumatnya hanya berkurang 13,5%, jadi bisa dipastikan Pengabdi Setan akan menjadi film horor Indonesia terlaris hari Minggu ini.

    Lalu saya coba hitung lagi untuk melihat beberapa kemungkinan ke depannya. Jika hari Sabtu ini sampai dengan Rabu depan jumlah penonton harian Pengabdi Setan berkurang 15% dari hari yang sama minggu sebelumnya, kemudian 40% untuk seminggu berikutnya, dan 70% untuk seminggu berikutnya lagi (karena Thor dirilis), maka Pengabdi Setan akan mencapai 4 juta penonton di hari ke-34. Sesuatu yang sangat mungkin terjadi dan sangat luar biasa. Kita lihat saja sampai sejauh mana film ini akan mencetak sejarah.

    Disukai oleh 1 orang

    • Analisis yang tajam luarbiasa, terimakasih banyak!
      Pace dan legs yang dimiliki Pengabdi Setan ini memang sangat unik. Saya sangat sependapat: sejarah box office tengah dituliskan!

      Suka

      • Saya orang matematika, jadi suka ngutak-ngatik angka. Hehehe,

        Btw ternyata hari Sabtu & Minggu kemarin penurunan penontonnya lebih besar dari prediksi, yaitu 21%. Terus Happy Death Day (HDD) rilis hari Rabu, bukan Kamis seperti yang saya kira. Akibatnya, jika Senin-Selasa tetap turun 15% dari minggu lalu, dan hari Rabu turun 30%, karena HDD rilis, 4 juta penonton akan tercapai di hari ke-41. Kalau lebih besar dari 15%, akan mundur lagi. Tetapi menurut saya tetap akan sampai 4 juta. Kecuali kalau HDD dan Thor efeknya lebih besar dari perkiraan.

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar